Dijual Lebih Mahal, Matik Honda Tetap Menguasai Pasar Jogja

Standar

image

Tahun 2012 lalu Astra Honda Motor (AHM) berhasil menguasai market share. Kesuksesan AHM ini tidak bisa lepas dari larisnya skutik entry level mereka, Honda Beat ditambah variant yang lebih tinggi, Vario 125. Kedua skutik ini memang tergolong fenomenal jika dilihat dari sisi angka penjualannya, bayangkan saja penjualan Beat saja setara dengan total penjualan matik kompetitor sedangkan Vario 125 mampu melampaui target angka 70 ribu perbulan.
Salah satu daerah yang mampu dikuasai Honda dengan sangat telak adalah wilayah pemasaran Jogja, Kedu dan Banyumas. Gabungan penjualan dari 3 kota tersebut unggul sangat telak di segment skutik. Informasi yang pak yo peroleh dari pihak Astramotor jogja bahwa tahun 2012 market shared skutik Honda mencapai

72%. Peningkatan cukup fantastis dimana tahun 2010 market shared Honda di segment skutik baru 45%, kemudian tahun 2011 sudah 54% dan penguasaan sangat telak di 2012 dengan 72%. Lalu bagaimana dengan kompetitor? Hitung aja sendiri, he.he…
Hal yang pak yo salut dan terheran-heran yaitu bahwa penjualan yang terus meroket tersebut bukan karena “diobral” namun dengan harga yang cukup tinggi. Seperti yang pak yo bahas sebelumnya, harga motor Honda di Jogja lebih tinggi dari Jakarta sedangkan kompetitor dibanderol lebih rendah dibanding harga di Jakarta.
Rata – rata harga skutik Honda dijual di Jogja 400-800 ribuan lebih tinggi dibanding harga OTR Jakarta. Dari semua tipe, Honda Beat FI menjadi skutik yang memiliki selisih tertinggi yaitu mencapai 830 ribu, berikutnya ada Vario 125 dengan selisih 805 ribu, Vario CW selisih 675 ribu, sedangkan yang selisihnya paling rendah adalah Spacy series dimana harganya hanya 390 ribu lebih tinggi dari harga Jakarta.
Sekarang sudah tahu, mengapa harga motor Honda di Jogja lebih tinggi dari kompetitor, permintaan tinggi bro n sis….

2 responses »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s