Membaca data perbandingan dua motor sport yang sedang panas-panasnya yaitu antara Yamaha New Vixion dan Honda CB150R memang sangat menarik. Tes performa yang dilakukan pihak media memberikan hasil yang cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, New Vixion yang di spesifikasi resmi pabrikan memiliki power dan torsi maksimum tidak lebih besar dari CB150R ternyata hasil tes mengatakan lain. Tes diatas dynotest serta tes akselerasi di atas aspal dan diukur dengan racelogic. Diatas dyno New Vixion unggul baik power maupun torsi namun dalam yes akselerasi CB150R unggul baik dalam jarak tempuh 100m, 201m maupun 402m. Berikut data hasil tesnya:
(sumber motorplus-online.com)
Data Akselerasi New Vixion VS CB150R
0-60 km/jam 4,1 detik VS 3,8 detik
0-80 km/jam 7,1 detik VS 6,8 detik
0-100 km/jam 13,1 detik VS 11,7 detik
0-100 meter 7,1 detik VS 7 detik
0-201 meter 11,3 detik VS 11 detik
0-402 meter 18,4 detik VS 18,2 detik
Power max V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm.
Lantas apa yang dapat disimpulkan dari data di atas? Ini yang bisa otoarea dapat:
1. Percepatan 0-60km/jam CB150R unggul, bisa buat selap selip diperkotaan.
2. Percepatan dari 60-80 km/jam keduanya memiliki kemampuan yang sama yakni 3 detik. Betguna untuk mendahului kendaraan lain di dalam kota.
3. Percepatan 80-100 km/jam, Honda CB150R unggul cukup jauh dimana hanya perlu 4,9 detik saja sedangkan New Vixion memerlukan waktu 6 detik. Kemampuan ini bisa berguna untuk mendahului kendaraan lain dalam perjalanan luar kota.
4. Percepatan diatas 100 km/jam, New Vixion lebih cepat. Pada jarak 201 m Vixion butuh 11,3 detik berarti kecepatan belum 100 km/jam, masih butuh 1,8 detik lagi untuk mencapainya sedangkan CB150R pada titik 201 m waktu tempuh 11 detik, berarti 0,7 detik kemudian sudah mencapai 100 km/jam. New Vixion tertinggal 1,1 detik untuk mencapai 100 km/jam, namun dengan jarak yang sudah kurang dari 200 m New Vixion mampu memperkecil jarak menjadi 0,2 detik saja, dimana untuk menempuh 402 m New Vixion memerlukan waktu 18,4 detik sedangkan CB150R 18,2 detik. Disini jadi lumrah karena power max New Vixion lebih besar. Hal ini bakal mengasikkan bagi rider yang suka melaju diatas 100 km/jam.
Kesimpulan secara umum bahwa kedua motor ini akan sangat ketat jika diadu di jalanan dengan rider yang berbeda, kemampuan rider akan sangat menentukan, sebab berdasar power dan torsi New Vixion unggul apalagi bobot motor sendiri New Vixion juga lebih ringan. Kemungkinan power New Vixion baru keluar mendekati rpm limit atau percepatan rpm CB150R yang lebih tinggi dari New Vixion, dalam arti gas dipelintir sedikit mesin CB150R langsung melengking dan gampang teriak.
Itu yang otoarea dapat dari data di atas, bagaimana, ada pendapat lain, silahkan shared disini…
ra melu2 lek, padahal enteng vxiion lho
Wes tes ride vixion fan?
urung lek, mbok aku nyilih nvl mu, secara spek bobot isi mung 129 kg ke
bobot isi nvl 129 kg blm termasuk bbm hanya oli saja.
Sudah tidak diragukan lagi,saya meminang NVL.
owalah…… 129kg itu plus oli mesin, berarti cmn beda sedikit dengan streetfire jika sama2 sdh diisi oli mesin. jan pinter tenan olehe mbujuk i konsumen, podho2 129kg sing siji berat isi(+oli mesin) sing siji berat kosong(-oli mesin) mung kacek sak liter 😛
Faktor ban cicak cb mempengarui kcepatan jga
Baru dari bengkel service nvl kok mekaniknya pegang2 obeng,,,ampun dah ternyata mekanik gak tau kalau nvl dah close loop…nasib orang pinggiran…alasan mekanik belum di training…over all i love my bike..
Wah, dapat unit awal launching ya bro, belum sebulan sudah service.
Soal mekanik kurang terampil bisa dijadikan kritik ke contact center Yamaha saja bro…
Iya baru 1 minggu km 3xx, kata salesnya ini motor ke 2 yang di jual di daerah ane…
Wow, selamat karena anda termasuk orang yang beruntung karena bisa dapat unitnya dengan cepat. Share dong pengalamannya, kebetulan otoarea juva belum berkesempatan tes ride nih motor.
Omong2 motor baru 3xx km kok sudah service kenapa nih?
Klo menurutku faktor 6 speeds cloose ratio lebih pengaruh atas keunggulan accel cb n big power sangat membantu nvl di kecptn tinggi.
setuju sama bro samson… faktot close ratio juga berpengaruh…. coba NVL dikasih close ratio 6 speed juga.. mungkin cuman beda se-semut… <—bukan satu ban yah
😀
NVL produk “Y” …. ntar dulu deh …
daripada merk h…
ada2 aja nih persaiangan 2 motor, klo aku mah nyari yg gratisan… dikasih 2-2 nya jg boleh wkkwwk
Jangankan dikasih, diskon 50% aja saya mau, h.h.h..
cuma mau berbagi
*no offense
http://www.catatanbryant.com/2013/01/kecelakaan-honda-cb150r-review-pengalaman-riil.html
bagaimanapun juga HONDA lebih unggul teknologi ketimbang YAMAHA