Analisa Hasil Tes Performa New Vixion Lightning Lawan CB150R Streetfire

Standar

image

Membaca data perbandingan dua motor sport yang sedang panas-panasnya yaitu antara Yamaha New Vixion dan Honda CB150R memang sangat menarik. Tes performa yang dilakukan pihak media memberikan hasil yang cukup mencengangkan. Bagaimana tidak, New Vixion yang di spesifikasi resmi pabrikan memiliki power dan torsi maksimum tidak lebih besar dari CB150R ternyata hasil tes mengatakan lain. Tes diatas dynotest serta tes akselerasi di atas aspal dan diukur dengan racelogic. Diatas dyno New Vixion unggul baik power maupun torsi namun dalam yes akselerasi CB150R unggul baik dalam jarak tempuh 100m, 201m maupun 402m. Berikut data hasil tesnya:

(sumber motorplus-online.com)
Data Akselerasi New Vixion VS  CB150R

0-60 km/jam 4,1 detik  VS 3,8 detik

0-80 km/jam 7,1 detik  VS 6,8 detik

0-100 km/jam 13,1 detik VS 11,7 detik

0-100 meter 7,1 detik VS  7 detik

0-201 meter 11,3 detik VS 11 detik

0-402 meter 18,4 detik  VS 18,2 detik

Power max V-Ixion 14,17 dk pada 8.850 rpm dan torsi 12,76 Nm pada 7.050 rpm. Sementara CB150R 13,45 dk pada 10.300 rpm torsi 10,83 Nm pada 7.800 rpm.
Lantas apa yang dapat disimpulkan dari data di atas? Ini yang bisa otoarea dapat:
1. Percepatan 0-60km/jam CB150R unggul, bisa buat selap selip diperkotaan.
2. Percepatan dari 60-80 km/jam keduanya memiliki kemampuan yang sama yakni 3 detik. Betguna untuk mendahului kendaraan lain di dalam kota.
3. Percepatan 80-100 km/jam, Honda CB150R unggul cukup jauh dimana hanya perlu 4,9 detik saja sedangkan New Vixion memerlukan waktu 6 detik. Kemampuan ini bisa berguna untuk mendahului kendaraan lain dalam perjalanan luar kota.
4. Percepatan diatas 100 km/jam, New Vixion lebih cepat. Pada jarak 201 m Vixion butuh 11,3 detik berarti kecepatan belum 100 km/jam, masih butuh 1,8 detik lagi untuk mencapainya sedangkan CB150R pada titik 201 m waktu tempuh 11 detik, berarti 0,7 detik kemudian sudah mencapai 100 km/jam. New Vixion tertinggal 1,1 detik untuk mencapai 100 km/jam, namun dengan jarak yang sudah kurang dari 200 m New Vixion mampu memperkecil jarak menjadi 0,2 detik saja, dimana untuk menempuh 402 m New Vixion memerlukan waktu 18,4 detik sedangkan CB150R 18,2 detik. Disini jadi lumrah karena power max New Vixion lebih besar. Hal ini bakal mengasikkan bagi rider yang suka melaju diatas 100 km/jam.
image

Kesimpulan secara umum bahwa kedua motor ini akan sangat ketat jika diadu di jalanan dengan rider yang berbeda, kemampuan rider akan sangat menentukan, sebab berdasar power dan torsi New Vixion unggul apalagi bobot motor sendiri New Vixion juga lebih ringan. Kemungkinan power New Vixion baru keluar mendekati rpm limit atau percepatan rpm CB150R yang lebih tinggi dari New Vixion, dalam arti gas dipelintir sedikit mesin CB150R langsung melengking dan gampang teriak.
Itu yang otoarea dapat dari data di atas, bagaimana, ada pendapat lain, silahkan shared disini…

Satu tanggapan »

  1. owalah…… 129kg itu plus oli mesin, berarti cmn beda sedikit dengan streetfire jika sama2 sdh diisi oli mesin. jan pinter tenan olehe mbujuk i konsumen, podho2 129kg sing siji berat isi(+oli mesin) sing siji berat kosong(-oli mesin) mung kacek sak liter 😛

  2. Baru dari bengkel service nvl kok mekaniknya pegang2 obeng,,,ampun dah ternyata mekanik gak tau kalau nvl dah close loop…nasib orang pinggiran…alasan mekanik belum di training…over all i love my bike..

      • Wow, selamat karena anda termasuk orang yang beruntung karena bisa dapat unitnya dengan cepat. Share dong pengalamannya, kebetulan otoarea juva belum berkesempatan tes ride nih motor.
        Omong2 motor baru 3xx km kok sudah service kenapa nih?

Tinggalkan Balasan ke vad Batalkan balasan