Nabung dulu, beli motor cash yuk

Standar

Mau beli motor? Pingin ganti motor? Punya rencana nambah motor? Sama.
Jaman sekarang motor sudah seperti kebutuhan primer, tidak hanya sebagai barang mewah saja. Kebutuhan yang mendesak disaat keuangan belum kuat ditambah kepingin motor model baru telah memaksa banyak orang “memaksakan diri” membeli motor dengan kredit. Salah satu diantaranya adalah admin otoarea sendiri. Kredit dengan dp seadanya dan mengandalkan kemampuan kredit tiap bulan.
Setelah jalan beberapa bulan ternyata baru menyadari bahwa keputusan kredit motor baru adalah sebuah kesalahan. Motor lama yang sejatinya masih bisa digunakan sudah ganti baru tapi kesenangan dan kebanggaan membawa motor baru tidak sebanding dengan terganggunya isi dompet. Berbagai kebutuhan lain, kesempatan membantu orang lain menjadi terhambat. Selain itu dihitung hitung ternyata uang yang dibayarkan ke leasing sangat besar, jauh di atas harga motor baru, angkanya wow banget. Dari 14 juta bisa jadi

18 jutaan, dari 20 jutaan bisa menjadi 30 jutaan.
Hitung dihitung, kalau mau bersabar dengan menabung sebesar cicilan tersebut ternyata dalam tempo yang lebih pendek sudah bisa beli motor baru dengan cash, keuangan lebih sehat, membantu orang lain jadi lebih gampang. Dp ditabung, tiap bulan nabung sebesar cicilan saat ini, sekitar 85% dari tempo kalau kredit, sudah bisa beli cash, bahkan sudah dengan harga baru.
Jika diperhatikan, kenaikan harga motor per tahun tidak lebih dari 4%, bahkan motor diatas 20 jutaan kenaikannya hanya sekitar 2% saja. Jika kita nabung di tabungan berjangka maka bunganya lebih tinggi dari kenaika  harga motor. Dengan catatan tidak terjadi krisis ekonomi seperti tahun 98 dimana harga motor bisa melonjak tinggi pakai banget.
Tapi bagaimana jika kita dipersulit dealer, dimana selama ini terkenal banyak dealer/sales males malesan melayani pembelian secara cash? Tenang bro, sekarang jamannya keterbukaan dan jamannya online, banyak “senjata” yang bisa kita gunakan, iya to?
Jadi, ayo mulai sekarang kita usahakan beli motor secara cash saja ya…
Cash first…

Salam sukses ekonomi…

One response »

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s