R25 Mengandalkan Power, Desain dan Hitech, Bukan Harga

Standar

image

Beberapa waktu sebelum peluncuran, banyak pihak menduga bahwa Yamaha akan menggunakan strategi “harga murah” pada jagoan barunya, Yamaha R25. Akhirnya pada saat Yamaha membuka tabir strateginya ternyata dugaan itu salah. Tidak seperti pada R15, strategi yang digunakan untuk memasarkan sang baby M1 adalah Power, Desain, dan image Hitech.
Power, ya power, menjadi poin penting yang ditonjolkan Yamaha pada R25, dimana powernya mencapai 36 PS, berarti 4 PS lebih besar dari Ninja250fi. Motor sport full fairing dipadu dengan power yang besar, ya itu sudah sepantasnya dan sudah sesuai harapan pencinta di segmen ini tentunya.
Desain, Yamaha begitu serius dalam hal ini karena memang Yamaha terkenal sebagai
pabrikan yang menjadikan desain sebagai poin sangat penting dalam memasarkan produknya. Headlamp bak 2 mata tajam dan bengis dipadu dengan lekukan fairing dan sudut meruncing, tangki menjulang tinggi, split seat, kaki-kaki cukup kekar dibanding kompetitor, lampu belakang LED, ban gambot dan lainnya berpadu menjadikannya tampak ganteng dan sporty. Sisi desain Yamaha R25 memang cukup menggoda, walau memang pada akhirnya tergantung selera tapi mayoritas memang bilang R25 motor ganteng, sporty dan garang. Pada intinya dari sisi desain, R25 boleh diadu dengan kompetitor.

image

Hitech, bisa dilihat dari kelengkapan informasi di dasboardnya. Jam, rpm, speed, gear position, konsumsi bbm, sisa bbm, suhu mesin, sinyal tanda waktunya pindah gear, posisi netral, top gear, turn signal, paling lengkap dikelasnya. Kalau otoarea sih paling suka dengan gear position tuh, karena kebanyakan fitur ini nihil di motor batangan padahal bagi spead freak fitur ini penting lho he.he…
Lalu itu semua dihargai berapa oleh Yamaha?
Menyandang sebutan produk lokal, ternyata tidak serta merta membuatnya lebih murah dari pesaingnya yang masih import utuh dari Thailand. Yamaha R25 dijual dengan harga 53 juta.

image

Spesifikasi:
Tipe mesin : 4 Langkah, 8 valve DOHC Berpendingin Cairan
Jumlah Silinder/posisi : Dua/Tegak
Diameter X langkah : 60,0 X 44,1 mm
Perbandingan Kompresi : 11,6 : 1
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Sistem pengapian : TCI (Transistorized Control Ignition)
Tipe Busi : CR9E
Tipe Battery : GTZ8V (MF Battery 7.4 Ah)
Sistem Starter : Electric Starter
Sistem Pelumasan : Basah
Kapasitas Oli mesin : Total = 2,40 L ; Berkala = 1,80 L ; Ganti filter oli = 2,10 L
Panjang x Lebar x Tinggi : 2.090 mm X 720 mm X 1.135 mm
Tinggi tempat duduk : 780 mm
Ground clearance : 160 mm
Wheel base : 1380 mm
Caster angle : 25 derajat
Trail : 95 mm
Daya maksimum : 26,5 KW(36 PS) @ 12.000 rpm
Torsi maksimum : 22,1N.m @ 10.000 rpm
Berat Isi : 166 kg
Kapasitas Tangki : 14,3 L (Res : 3 L)
Tipe Rangka : Diamond
Tipe Transmisi : Manual, 6-percepatan
Tipe Kopling : Basah, Kopling manual , Multiplat
Ban Depan & Belakang : Tubeless 110/70-17M/C(54S) & 140/70 – 17M/C(66S)
Rem Depan & Belakang : Cakram Floating Ø 298mm, Piston Ganda & Cakram Ø 220mm Piston Tunggal
Suspensi Depan : Telescopic Fork (diameter 41 mm)
Suspensi Belakang : Monocross Suspension
Lampu depan : DC Halogen 12V,55W (H7)
Lampu belakang : LED

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s