Tahun Ini Memang Yamaha Harus Lebih Fokus Pada Segmen Skutik

Standar

image

Yamaha di Januari 2013 berhasil mendistribusikan skutik sebanyak 107.572 namun angka itu masih sangat jauh dari raihan kompetitor. Penguasa pasar skutik di Indonesia saat ini disandang oleh Honda melalui Beat dan Vario 125. Gabungan penjualan Mio J series dan Soul GT serta Xeon RC belum mampu menyamai jumlah unit Honda Beat apalagi jika dibanding total penjualan skutik Honda di Januari lalu.
Penjualan skutik Yamaha, diraih dari 56.036 unit Mio J, 36.532 Soul GT dan 13.059 unit Xeon. Bandingkan dengan prestasi PT Astra Honda Motor (AHM) yang berhasil membukukan angka penjualan sebesar

286.226 unit dan secara presentase mencapai 71% total pasar skutik. Honda Beat saja mencapai lebih dari 50% penjualan skutik Honda yaitu 147.213 unit. Belum lagi penjualan Vario series (Vario 125 + Vario CW) mampu mencapai angka 116 ribuan.
Melihat angka-angka di atas maka tidak salah jika Yamaha tahun ini memang harus lebih mengutamakan segmen skutik. Langkah Yamaha meluncurkan Xeon RC dan Mio GT sudah on the track jadi langkah-langkah berikutnya harus memberi suport pada kedua produk tersebut. Melihat desain dan value Mio GT yang lebih baik dari Mio J, tidak salah jika Yamaha menaruh harapan lebih untuk bersaing dengan Honda Beat. Peningkatan value yang begitu tinggi pada Xeon RC juga sudah on the track untuk menghadapi Vario 125. Peningkatan value pada Soul GT melalui varian street juga on the track untuk bersaing dengan Vario CW.
Lantas apa yang harus dilakukan Yamaha berikutnya? Tentunya perbaiki si Fino dan perbanyak varian skutik lagi, berikan yang baru dimana bisa mengangkat nama Yamaha kembali identik dengan skutik seperti masa kejayaannya yang lalu. Sebaiknya apa saja, ada saran untuk yamaha, brother and sister?

6 responses »

  1. Terlalu fokus mengurus segmen matic,si kebo alias Byson dan si kalajengking alias Scorpio terabaikan untuk facelift.
    Padahal seharusnya segment motor sport yang lebih dulu diutamakan.

  2. harapannya sih ada skutik entry level yg dijual dibawah mio j family.
    Untuk kelas premium hadirkan nouvo sx thailand dgn perubahan dek rata.
    Harga sedikit diatas rc,mgkn selisih 300rb an

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s